Punya pertanyaan? Hubungi: admin@hendi.id

Duh Pusing, Bagaimana Cara Mengelola Finansial Keluarga yang Ideal Selama Pandemi?

Di tengah pandemi virus corona (COVID-19) seperti saat ini, banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya bagaimana cara mengelola finansial keluarga yang ideal. Sebab, keadaan seperti saat ini tidak hanya mengancam kesehatan saja, namun juga berpengaruh pada kesejahteraan finansial keluarga.

Pandemi virus (COVID-19) telah mengubah sebagian besar masyarakat di Indonesia dan bahkan mungkin dunia. Sebagai upaya preventif dalam menyikapinya, pemerintah pun meminta agar masyarakat berdiam diri di rumah (stay at home). Himbauan tersebut cukup berdampak besar pada kondisi ekonomi. Ada beberapa orang yang masih mendapatkan gaji dengan jumlah yang normal, tetapi ada juga yang pemasukannya berkurang drastis karena pekerjaan tertunda akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kondisi ini sangat membuat setiap orang harus dapat berpikir cermat untuk mengatur keuangan, supaya bisa tetap stabil di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Ikuti beberapa cara mengelola finansial keluarga yang ideal selama pandemi virus corona berikut yuk!

Membuat Rekapitulasi Penghasilan

Langkah pertama dan mendasar yang harus dilakukan adalah dengan membuat rekapitulasi penghasilan. Tindakan ini dilakukan dengan mendata semua penghasilan yang sudah didapat, baik selama masa social distancing atau sebelumnya.

Rekapitulasi bertujuan untuk membantu dalam mengatur pengeluaran sesuai dana yang ada.

Mengembangkan Kemampuan Diri

Saat pandemi virus corona (COVID-19) seperti saat ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan kemampuan dalam mempelajari keterampilan baru. Setiap orang dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar hal-hal baru yang bisa memudahkan jalan karir atau menambah pendapatan nantinya.

Dengan demikian, setiap orang dapat memulai bekerja sampingan dengan menggunakan keterampilan baru tersebut dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Memotong Jumlah Pengeluaran

Untuk membantu mempertahankan uang yang dimiliki, maka perlu dilakukan tindakan untuk memangkas pengeluaran. Sebaiknya, atur kembali pengeluaran dalam kategori mendesak, penting, atau bisa ditunda sementara waktu. Jika tidak terlalu mendesak, kamu bisa menunda pengeluaran sekunder.

Sebagai contoh, bagi belanja pakaian atau hal yang tidak diperlukan masih bisa ditunda agar kebutuhan pokok sehari-hari bisa terpenuhi. Selain itu, ibu-ibu rumah tangga bisa mengurangi pengeluaran dengan berhenti ke salon, namun mencoba untuk merias diri sendiri di rumah.

Beberapa upaya lain yang bisa dilakukan untuk memotong jumlah pengeluaran adalah membeli produk makanan yang murah, namun tetap menyehatkan.

Mengatur Keuangan dengan Meningkatkan Dana Darurat

Keadaan yang sangat mengkhawatirkan yang mungkin saja terjadi usai pandemi adalah ketidakpastian ekonomi. Maka itu, setiap orang harus bisa melindungi diri dan keluarga dari ketidakpastian finansial keluarga yang bisa saja terjadi nantinya. Setiap orang harus mengatur keuangan secara lebih detail untuk meningkatkan dana darurat.

Dana darurat sendiri adalah dana yang berasal dari pendapatan yang dialokasikan untuk keperluan berbagai kondisi yang tidak terduga dan mendesak suatu hari nanti.

Setiap pengeluaran harus diperiksa dan dipertimbangkan untuk beberapa keperluan yang bisa dipangkas dananya untuk alokasi dana darurat. Misalnya, biaya perawatan saat sakit, biaya les, biaya sekolah, dll.

Mencatat Pola Pengeluaran

Untuk mengetahui berapa banyak jumlah uang yang dimiliki, maka penting untuk mencatat apa saja penghasilan dan pengeluaran yang dibutuhkan. Setiap perlu mencatat pengeluaran menjadi 4 bagian, yaitu primer, sekunder, kewajiban, dan tabungan.

Pengeluaran untuk kebutuhan primer merupakan pengeluaran untuk kebutuhan pokok, dasar, dan paling utama yang harus dipenuhi. Pengeluaran untuk kebutuhan sekunder merupakan pengeluaran yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Selain itu ada juga pengeluaran untuk kewajiban yang meliputi pembayaran hutang atau cicilan. Dan yang tidak kalah penting adalah pengeluaran untuk tabungan atau investasi, karena sebagai aset penting ketika pandemi virus corona (COVID-19) berakhir.

Tidak Menunda untuk Membayar Tagihan

Dalam kondisi serba sulit ini, pastikan listrik, air dan fasilitas lain yang dibutuhkan di rumah aman dan tidak terputus. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar langsung membayar tagihan listrik, air, internet, dan lainnya.

Hal ini akan sangat mendukung kenyamanan selama tinggal di rumah saja maupun Work From Home (WFH). Masukkan pengeluaran tersebut pada bagian kewajiban dan segera bayarkan.

Jangan menunda, karena bisa membuat kesulitan di kemudian hari. Selain itu, dengan langsung membayarkan tagihan, maka akan memudahkan untuk menghitung dan mengelola pengeluaran rumah tangga tiap bulan.

Nah, begitulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola finansial keluarga yang ideal selama pandemi virus corona (COVID-19). Pengelolaan finansial keluarga akan sangat bermanfaat dalam masa sekarang, dan ketika masa pandemi berakhir nanti.

Hendi.IDhttps://hendi.id
Hendi.ID adalah blog pribadi Hendi Dwi Permana yang dibuat untuk menulis catatan & artikel seputar dunia Investasi Saham, blogging, lifestyle dan lainnya.

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Menabung Sederhana Yang Bisa Anda Coba

Semua kalangan jelas memiliki keinginan agar bisa menabung uang yang dimiliki saat ini. Entah itu dengan tujuan untuk mempersiapkan dana masa depan,...

Jangan Bingung! Inilah Investasi di Saat Corona yang Paling Profitable

Jangan Bingung! Pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan kondisi perekonomian di seluruh dunia menjadi tidak stabil. Tak terkecuali, bidang investasi...

W. Buffet Terus Menjual Saham dan menambah Cash

Annual Meeting Berkshire Hathaway (BRK) Tahun 2020 Hendi.id Bulan Mei ini adalah bulan yang ditunggu oleh kebanyakan investor diseluruh dunia, termasuk investor diIndonesia, yang paling...

Latest Posts

Tips Menabung Sederhana Yang Bisa Anda Coba

Semua kalangan jelas memiliki keinginan agar bisa menabung uang yang dimiliki saat ini. Entah itu dengan tujuan untuk mempersiapkan dana masa depan,...

New Normal Zoom Meeting, Meeting Online selama WFH

Fenomena video conference zoom meeting sedang booming, dikantor penulis sejak 2 bulan yang lalu tepatnya dibulan maret 2020, Telah menggunakan aplikasi zoom...

Hilangkan Jenuh #DiRumahAja, Tonton Drama Korea yang Bikin Ngakak dan Menghibur Ini

Pandemi virus corona (COVID-19) membuat banyak orang khawatir akan penularannya. Untuk itu, pemerintah menghimbau agar kita tetap #DiRumahAja, selama beberapa waktu hingga...

Duh Pusing, Bagaimana Cara Mengelola Finansial Keluarga yang Ideal Selama Pandemi?

Di tengah pandemi virus corona (COVID-19) seperti saat ini, banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya bagaimana cara mengelola finansial keluarga yang...

Jangan Bingung! Inilah Investasi di Saat Corona yang Paling Profitable

Jangan Bingung! Pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan kondisi perekonomian di seluruh dunia menjadi tidak stabil. Tak terkecuali, bidang investasi...