Punya pertanyaan? Hubungi: admin@hendi.id

Jangan Bingung! Inilah Investasi di Saat Corona yang Paling Profitable

Jangan Bingung!

Pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan kondisi perekonomian di seluruh dunia menjadi tidak stabil. Tak terkecuali, bidang investasi di Indonesia. Seperti yang kalian tahu, wabah corona yang terus menyebar belum bisa diatasi secara maksimal. Untuk itu, para investor asing dan domestik mencoba untuk mengamankan beberapa aset investasi yang dimiliki.

Investor juga kebanyakan mulai mengubah strategi investasi di tengah pandemi corona agar tidak mengalami kerugian lebih besar. Sebagaimana data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) per tanggal 8 April 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menurun sampai 26,4% dengan catatan nilai jual bersih asing (net sell) sebesar Rp15 triliun di pasar reguler.

Sementara itu, pada pasar non reguler terjadi nilai beli bersih asing sebesar Rp2,94 triliun. Dampak tersebut secara langsung dapat dirasakan pada investasi di beberapa sektor. Mulai dari perhotelan, manufaktur, serta komoditas perkebunan dan tambang. Kondisi investasi yang semakin tidak mendukung untuk beberapa sektor menyebabkan para investor harus mencari dan memilih dengan hati-hati jenis investasi saat corona mewabah.

Sebenarnya, tidak semua investasi saat ini mengalami penurunan indeks. Beberapa jenis investasi masih tetap aman meskipun harus lebih lama lagi bergelut dengan pandemi COVID-19. Berikut ini, investasi di saat corona yang paling profitable.

Reksa Dana Pasar Uang
Lembaga Riset Infovesta mencatat bahwa kinerja reksa dana dalam negeri sejak awal tahun 2020 menjadi negatif, termasuk saat pandemi virus corona (COVID). Keadan ini secara langsung berdampak pada pasar modal dalam negeri dan juga luar negeri.


Reksa dana saham dan reksa dana campuran

Ada yang beropini Reksa dana saham dan reksa dana campuran bukan jenis investasi yang tepat lagi untuk kondisi seperti sekarang ini. Kinerja reksa dana sudah merosot dan semakin melemah. Lain halnya dengan reksa dana pasar uang yang membuat investor semakin yakin untuk menginvestasikan uang pada instrumen investasi ini. Kinerja reksa dana pasar uang cenderung positif dan relatif stabil sejak awal tahun 2020 hingga saat ini. Selain itu, investasi jenis ini diprediksi akan terus meningkat meskipun berseteru dengan pandemi virus corona (COVID-19)

Sejak bulan Januari hingga Maret 2020, reksa dana pasar uang memberikan imbal hasil secara konsisten setidaknya sebesar 1,3%. Maka dari itu, investor mulai tertarik untuk mengalokasikan dana investasi reksa dana pasar uang sebesar 30%.

Surat Utang Negara (SUN)
Surat Utang Negara (SUN) merupakan instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah kepada Warga Negara Indonesia. SUN biasanya disebut sebagai Surat Berharga Negara (SBN). Saat pandemi virus corona ini, SUN adalah jenis investasi yang tepat dipilih karena merupakan investasi yang sangat dijamin oleh negara. Investor tidak perlu khawatir mengalami kerugian, seperti hilangnya uang, aset, atau gagal bayar.

Beberapa jenis SUN yang dianggap paling efektif untuk investasi saat corona global ini adalah Obligasi Negara, yang terdiri dari Saving Bond Ritel (SBR), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan Sukuk Ritel (SR).

Kamu bisa mencoba investasi jenis SUN dengan modal yang ringan, yaitu mulai dari Rp1.000.000,00. Melalui investasi ini, kamu seakan-akan meminjamkan uang kepada negara, setelah jatuh tempo maka negara akan membayar dana pokok beserta keuntungan (bunga) dalam bentuk kupon. Dengan berinvestasi Surat Utang Negara (SUN), kamu bisa ikut berkontribusi membangun bangsa dan negara.

Sifat investasi SUN sama seperti tabungan yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Investor hanya bisa membeli ketika pemerintah membuka penawaran dalam periode tertentu. Selanjutnya, investor wajib menyimpan sampai waktu jatuh tempo yang ditentukan. Umumnya, para investor berani mengalokasikan dana untuk investasi SUN sebesar 50% karena cukup aman dan risiko dari investasi ini sangat kecil.

Pada tahun 2020 ini, pemerintah masih memiliki rencana untuk menerbitkan beberapa SUN seperti : SBR010 (23 Juni sampai 9 Juli 2020), ST007 (28 Agustus sampai 23 September 2020), ORI017 (1 Oktober sampai 22 Oktober 2020), dan ST008 (26 Oktober s/d 12 November 2020).

Logam Mulia
Investasi logam mulia seperti emas semakin banyak dipilih sebagai alternatif investasi di tengah pandemi virus corona ini. Para investor masih banyak yang setia berinvestasi dalam wujud emas, baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan.
Risiko investasi emas terbilang sangat kecil dan memiliki keuntungannya yang lumayan besar. Selain itu, cara investasi logam mulia juga tidak sulit, cukup menerapkan sistem jual-beli. Investor bisa membeli emas saat memiliki cukup uang, kemudian menjual saat sedang membutuhkan uang atau saat harga emas naik.

Harga logam mulia relatif stabil, bahkan semakin mengalami kenaikan di atas inflasi. Selain itu, investasi logam mulia saat ini didukung dengan kemudahan yang diberikan oleh banyak e-Commerce melalui sistem menabung emas digital. Sistem ini sangat cocok bagi investor yang tidak mau repot berurusan dengan bentuk fisik emas.

Properti
Investasi properti merupakan jenis investasi yang masih akan terus stabil meskipun pandemi virus corona (COVID-19) belum akan berakhir. Investasi properti cukup menarik banyak kalangan, mulai dari generasi milenial hingga kalangan dewasa. Cara investasi properti juga cukup mudah, karena prosesnya bisa dilakukan melalui pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Bahkan, ada subsidi dari pemerintah yang membuat harga rumah menjadi lebih terjangkau.
Properti berupa rumah merupakan salah satu aset jangka panjang yang memiliki harga tinggi dan akan terus naik tergantung pada lokasi, desain, kondisi, dan luas tanah/bangunan. Sifat properti berupa rumah tidak mudah dicairkan (non liquid) sehingga membuat investasi properti seperti ini cocok dipilih pada masa ketidakstabilan ekonomi seperti sekarang ini.
Investasi properti lain yang bisa dipilih adalah unit apartemen. Saat ini, gaya hidup milenial sangat cocok dengan hunian yang serba praktis seperti unit apartemen.
Nah, dari keempat pilihan jenis investasi di atas, mana nih yang bakal kamu pilih sebagai aset investasi saat ini?

Hendi.IDhttps://hendi.id
Hendi.ID adalah blog pribadi Hendi Dwi Permana yang dibuat untuk menulis catatan & artikel seputar dunia Investasi Saham, blogging, lifestyle dan lainnya.

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Menabung Sederhana Yang Bisa Anda Coba

Semua kalangan jelas memiliki keinginan agar bisa menabung uang yang dimiliki saat ini. Entah itu dengan tujuan untuk mempersiapkan dana masa depan,...

Duh Pusing, Bagaimana Cara Mengelola Finansial Keluarga yang Ideal Selama Pandemi?

Di tengah pandemi virus corona (COVID-19) seperti saat ini, banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya bagaimana cara mengelola finansial keluarga yang...

Kondisi Krisis, Investasi Saham Jadi Pilihan ?

Investasi saham semakin digemari dikalangan millennial. Hal ini sesuai dengan peningkatan investor saham dalam beberapa tahun terakhir. Saham sendiri dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal...

Latest Posts

Tips Menabung Sederhana Yang Bisa Anda Coba

Semua kalangan jelas memiliki keinginan agar bisa menabung uang yang dimiliki saat ini. Entah itu dengan tujuan untuk mempersiapkan dana masa depan,...

New Normal Zoom Meeting, Meeting Online selama WFH

Fenomena video conference zoom meeting sedang booming, dikantor penulis sejak 2 bulan yang lalu tepatnya dibulan maret 2020, Telah menggunakan aplikasi zoom...

Hilangkan Jenuh #DiRumahAja, Tonton Drama Korea yang Bikin Ngakak dan Menghibur Ini

Pandemi virus corona (COVID-19) membuat banyak orang khawatir akan penularannya. Untuk itu, pemerintah menghimbau agar kita tetap #DiRumahAja, selama beberapa waktu hingga...

Duh Pusing, Bagaimana Cara Mengelola Finansial Keluarga yang Ideal Selama Pandemi?

Di tengah pandemi virus corona (COVID-19) seperti saat ini, banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya bagaimana cara mengelola finansial keluarga yang...

Jangan Bingung! Inilah Investasi di Saat Corona yang Paling Profitable

Jangan Bingung! Pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan kondisi perekonomian di seluruh dunia menjadi tidak stabil. Tak terkecuali, bidang investasi...